26 Januari 2014

Ini yang terjadi pada tubuh setelah satu kali olahraga!

Semua orang tahu bahwa olahraga baik untuk kebugaran tubuh. Namun tak banyak yang tahu tentang apa yang terjadi pada tubuh setelah Anda berolahraga satu kali saja. Jangan kira satu kali olahraga tak akan membawa dampak positif bagi tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang terjadi pada tubuh Anda dan beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan hanya dengan satu kali olahraga saja, seperti dilansir oleh Huffington Post

1. DNA berubah

Merdeka.com - Dalam sebuah penelitian tahun 2012, peneliti di Swedia mengungkap bahwa olahraga bisa mengubah struktur DNA manusia. Memang DNA diwarisi dari orang tua dan keluarga. Namun ternyata gaya hidup juga bisa menjadi faktor yang mengubah beberapa gen dalam DNA manusia. Sekali saja berolahraga, gen akan merespon dengan melakukan perubahan yaitu membuat tubuh lebih kuat dan mempercepat metabolisme tubuh.

2. Lebih bersemangat

Merdeka.com - Ketika berolahraga, otak akan mengeluarkan beberapa zat kimia termasuk endorphins. Zat kimia yang satu ini dikenal bisa membuat seseorang lebih bersemangat. Selain itu ada juga hormon serotonin yang akan meningkatkan mood Anda dan mencegah depresi. Dengan sekali berolahraga saja Anda akan mendapat suntikan semangat untuk beraktivitas seharian.

3. Terlindungi dari diabetes

Merdeka.com - Seperti halnya perubahan tersembunyi pada DNA, satu kali olahraga juga bisa melakukan perubahan pada metabolisme otot. Sebuah penelitian pada tahun 2007 di University of Michigan menemukan bahwa satu kali olahraga kardio akan meningkatkan penyerapan lemak dalam otot dan meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan kata lain, tubuh Anda akan terlindungi dari diabetes hanya dengan satu kali olahraga.

. Lebih fokus

Merdeka.com - Olahraga akan membantu mengalirkan darah ke otak dan membuat pikiran anda lebih efektif bekerja. Sebuah penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa satu kali olahraga saja bisa meningkatkan fokus, konsentrasi, dan kemampuan bekerja. Olahraga di pagi hari akan menjadi awal yang ideal sebelum Anda pergi bekerja.

5. Menghilangkan stres

Merdeka.com - Satu kali olahraga diketahui bisa menurunkan stres dan rasa depresi seseorang. Ketika berolahraga, otak akan mengeluarkan endorphin dan mengurangi produksi cortisol yang bisa menyebabkan stres. Sementara itu endorphin yang mengalir dari otak akan membantu meningkatkan mood Anda dan mengusir stres yang Anda rasakan.

Itulah beberapa efek satu kali olahraga saja pada tubuh. Jika satu kali olahraga bisa memberikan manfaat sehebat itu, bayangkan jika Anda rutin melakukan olahraga setiap hari. Jangan lagi malas berolahraga, dan mulailah hari ini juga!