25 Januari 2013

Manfaat Olahraga bagi Remaja

Olahraga merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Kenapa? Karena olahraga adalah salah satu alasan kita untuk tetap sehat. Berolahraga sebenarnya tidak perlu mahal seperti ke fitness karena dengan anda berjogging atau jalan santai sudah disebut dengan berolahraga yang sederhana. Olahraga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan ada niat untuk berolahraga.

Bagi para remaja, olahraga sangat disukai untuk mengisi waktu luang, hanya sekedar main dan menyehatkan tubuh. Permainan olahraga yang saat ini masih digemari adalah futsal, basket, badminton, tenis meja dan lainya juga yang menarik antusias para remaja untuk berolahraga. Kebanyakan para remaja mungkin tidak semua tahu manfaat olahraga bagi mereka karena menurut mereka olahraga
membuat sehat serta menyenangkan ketika bersama teman.

Namun olahraga juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh yaitu:

1. Olahraga mencegah Obesitas
Obesitas biasanya paling berpotensi pada usia remaja dimana saat manusia menginjak usia remaja akan membutuhkan banyak asupan makanan seriring dengan padatnya aktivitas mereka. Mereka yang obesitas cenderung kurang percaya diri terhadap pergaulan teman sepermainanya. Sebenarnya obesitas bukanlah menjadi penghalang dalam pergaulan. Olahraga dapat berguna untuk mencegah obesitas untuk anda yang masih remaja, cobalah berolahraga minimal 30 menit setiap hari agar obesitas dapat dihindari.

2. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi fleksibel dan meningkatkan koordinasi tubuh.
Dengan tubuh yang fleksibel, dapat membantu kita untuk melakukan aktivitas dan berolahraga. Bagi para remaja, olahraga dapat meningkatkan kekuatan otot serta meningkatkan kualitas postur tubuh sehingga memperbaiki penampilan anda. Untuk meningkatkan koordinasi tubuh anda dapat melakukan seperti senam, yoga dan lain-lain.

3. Olahraga dapat mendukung pertumbuhan tulang dan otot
Olahraga selain menyehatkan juga membantu pertumbuhan tubuh dan otot anda karena saat remaja adalah masanya pertumbuhan. Jika olahraga dilakukan secara rutin maka akan berdampak positif bagi tubuh serta pertumbuhan. Dengan berolahraga tulang akan kuat sehingga saat anda usia dewasa maupun tua jika anda berolahraga akan mencegah osteoporosis dan menghindari keropos pada tulang. Bermain basket, bersepeda dan berenang adalah olahraga yang dapat dilakukan untuk membentuk tulang dan otot.

(Dikutip dari berbagai sumber)